QR Code Indonesia Akan Bisa Digunakan di Singapura dan Thailand

oleh
QR Code Indonesia

QR Code Indonesia kini sudah semakin berkembang. QR atau Quick Response ini dinilai akan mampu meningkatkan efisiensi pembayaran. Pembayaran yang dimaksud khususnya dalam penggunaan uang elektronik.

QR code Indonesia tersebut saat ini tengah diuji coba sistem pembayaran tahap keduanya oleh BI (Bank Indonesia). BI juga sedang melakukan penjajakan percontohan kerja sama pembayaran tersebut. Penjajakan ini dilakukan dengan Singapura dan Thailand. Hal tersebut akan membuat masyarakat bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat meski berada di dua negara ini.

Ini sejalan dengan yang dipaparkan oleh Asisten Gubernur/Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta. Filianingsih menyatakan bahwa nantinya QR code Indonesia ini bisa digunakan di Thailand dan Singapura pada semester II tahun 2019.

Dalam konferensi pers kemarin, Filianingsih menegaskan standarisasi QR code ini akan dilakukan pada semester II 2019. Ini juga termasuk dalam transaksi lintas batas. Filianingsih menambahkan, hal tersebut dilakukan agar pengawasan dan pengaturan bisa menjadi lebih mudah. Perlindungan konsumen dan persaingan di dunia usaha pun jadi lebih terpantau.

QR Code Indonesia Sangat Bermanfaat

Alasan kenapa memilih dua negara tersebut, diakuinya bahwa banyak wisatawan Indonesia yang melancong ke Thailand dan Singapura. Menurutnya, sudah ada 26 PJSP Indonesia yang bisa memberikan fasilitas pembayaran dengan menggunakan kode QR tersebut.

Namun, ditegaskan kembali oleh Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Ricky Satria mengenai kerja sama ini. Ricky menyebutkan bahwa nantinya sistem pembayaran QR code Indonesia dengan Thailand dan Singapura hanya akan melibatkan 19 PJSP. PJSP ini merupakan PJSP yang sudah aktif terlibat semenjak proyek percontohan dimulai.

Ricky menambahkan, PJSP yang sudah bisa mengikuti proyek percontohan adalah PJSP yang sudah mengikuti working grup. Ini dilihat dari tim bisnis maupun teknisnya. Ricky juga berujar bahwa ada satu bank lagi yang bertambah siap di sisi teknis. Pihaknya juga sudah membicarakan hal ini ke perusahaan switching atau perusahaan pengalihan.

Hasilnya terbukti ada 19 PJSP yang nantinya akan digunakan untuk bekerja sama dalam QR code Indonesia ini.

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *