Rabobank Indonesia Hentikan Operasionalnya

oleh
Rabobank Indonesia

Rabobank Indonesia, secara resmi sudah menyatakan akan menutup operasionalnya di Indonesia. Penutupan dilakukan secara bertahap hingga Juni 2020.

Hal tersebut langsung dikemukakan oleh Presiden Direktur Rabobank Indonesia (PT Bank Rabobank Internasional Indonesia), Jos Luhukay.

Menurut Joy, penutupan dilakukan mengikuti strategi global yang sedang digalakkan oleh perusahaannya. Saat ini, Rabobank mempunyai misi banking for food sehingga terus berkonsentrasi di bidang rantai pemasokan food dan agriculture, makanan dan pertanian (F&A).

Dengan strategi yang sedang dijalankan, usaha Rabobank di luar induknya di Belanda difokuskan kepada wholesale bangking. Ini menjadi salah satu alasan induk perusahaan Rabobank menutup operasionalnya di Indonesia, tegas Joy.

OJK Bicara Rabobank Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga yang mengawasi perbankan di Indoneisa menegaskan, bahwa penghentian operasional Rabobank tidak hanya terjadi di Indoneisa.

Rabobank Indonesia sudah menjalankan usahanya selama 10 tahun di Indonesia. Ada dua alasan penutupan yang dikemukakan oleh OJK. Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana, induk perusahaan Rabobank menganggap usahanya di Indonesia belum memenuhi target.

Selain itu, penutupan juga dikarenakan adanya perubahan strategi bisnis dari segmen usaha. Induk perusahaan kini mengubah strategi dari ritel ke koorporasi. Alasan yang mendukung pernyataan Joy sebagai pimpinan Rabobank yang berkantor di Indonesia.

Namun, Heru menandaskan bahwa nasabah tidak perlu khawatir dengan penutupan yang akan dilakukan Rabobank. Uang nasabah tidak akan hilang sehingga tidak perlu adanya penarikan uang secara besar-besaran sebelum penutupan terjadi. Semua prosedur dapat berjalan seperti biasa.

OJK menjamin semua kewajiban bank kepada nasabah akan dipenuhi. Selama ini Rabobank Indonesia sudah menjalankan semua kewajiban pembayaran kepada Bank Indonesia. Jadi, ketika ada masalah seperti penutupan, nasabah akan aman. Dananya dikover oleh Bank Indonesia. Rabobank sudah bekerja sama dengan BUKU IV. Nantinya, nasabah dapat mengambil dana yang dimilikinya di sana melalui BUKU IV.

Masih menurut Heru, penutupan operasional Rabobank Indonesia juga bukan berarti seluruh bisnisnya ditutup. Bisnis lain yang ada di Indonesia masih tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja kepengurusannya melalui perwakilan kantor Rabobank yang ada di Singapura. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *