in , ,

Rasio Permodalan Bank Syariah Tetap Terjaga

Rasio Permodalan Bank Syariah

Perbankan syariah dari sisi rasio permodalan terbilang cukup tinggi. Apabila perbankan konvensional pada akhir Mei 2018 memiliki rasio kecukupan modal (CAR) sebesar 22,34%, perbankan syariah pun memiliki CAR yang juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Misalnya bank syariah dengan BUKU I memiliki rasio CAR 19,19%. Demikian pula bank sayriah dengan BUKU II dan BUKU III, dimana masing-masing memiliki rasio CAR 20,56% serta 15,58%. Beberapa bank syariah pun juga senantiasa menjaga rasio permodalannya.

Direktur Utama BCA Syariah, John Kosasih menyebut proyeksi akhir tahun 2018, CAR BCA Syariah bisa mencapai 20%-23%.

“Kami memiliki CAR 25% pada saat ini,” ujar John.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa rasio permodalan BCA Syariah dirasakan masih mencukupi untuk melakukan pengembangan usaha pada tahun 2018 ini.

Sementara itu Direktur Bank BNI Syariah, Dhias Widhiyati mengatakan bahwa pihaknya pada tahun ini akan mengoptimalkan tambahan modal untuk pengembangan bisnis.

“Tahun ini kami berharap mendapatkan tambahan modal! Kami juga masih mengkaji beberapa alternatif terkait opsi tambahan modal tersebut,” ujarnya.

Penambahan modal juga akan diikuti oleh BRI Syariah. Menurut Sekretaris Perusahaan BRI Syariah, Indri Tri Handayani, penambahan modal di tahun ini akan diupayakan dari laba tahun berjalan.

“Sampai Semester I/2018 CAR BRI Syariah tercatat 29% dan kami proyeksikan CAR mencapai 26,5% di akhir tahun,” ujarnya. []

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hari Koperasi bank bjb Salurkan KUR

Hari Koperasi Nasional bank bjb Salurkan KUR bagi UMKM

Lelang SBI

Lelang SBI! BTN Siapkan Dana Rp1 Triliun