in , ,

Rencana Merger dengan BNP Disetujui Danamon

Rencana merger

Rencana merger Bank Danamon dengan Bank Nusantara Parahyangan disetujui oleh pemegang saham PT Bank Danamon Indonesia (Persero) Tbk.

Bank Indonesia memang mempunyai aturan perbankan yang cukup ketat mengenai permodalan dan aset. Oleh karena itu pada tahun 2019, ramai diisukan beberapa bank besar yang masuk dalam BUKU 1 akan melakukan pembelian bank lain. Bank-bank tersebut antara lain, Bank Mandiri, BCA, dan BNI.

Baca Juga: Syarat KUR BRI, Sangat Mudah!

Selain bentuk pembelian bank yang semuanya masih dalam tahap konsolidasi, penyelamatan modal yang dimiliki dapat dilakukan dengan merger atau penggabungan perusahaan. Rencana merger ini yang dipilih oleh PT Bank Danamon Indonesia (Persero) Tbk atau yang dikenal dengan sebutan Bank Danamon.

Selasa, 26 Maret 2019, Bank Danamon menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB).

Sesuai dengan namanya, RUPTS-LB digelar berbarengan dengan RUPST karena adanya kasus khusus yang akan dibahas. Akhirnya pada RUPTS-LB menyetujui penggabungan usaha antara perseroan, yaitu PT Bank Danamon Indonesia dengan (Persero) Tbk dengan PT Bank Nusantara Parahyangan (Persero) Tbk atau BNP. Untuk sementara waktu. merger disebut bank hasil penggabungan.

Baca Juga: Bank Mandiri Caplok Bank Permata?

Pada RUPS-LB selain disetujui penggabungan dua persero, juga disetujui perubahan Anggaran Dasar mengikuti merger. Perubahan Anggaran Dasar Danamon pasal 4, yang meliputi perubahan susunan permodalan, susunan direksi, dewan komisaris, dan dewan pengawas syariah. Perubahan tersebut akan berlaku efektif setelah penggabungan Danamon dan BNP diresmikan.

Selain persetujuan terhadap rencana merger kedua perseroan, RUPS-LB dan RUPST juga menyetujui beberapa hal lain, yaitu :

1. Pembayaran dividen perusahaan, yang ditetapkan 35 persen dari laba bersih sesuai konsolidasi yang berarti Rp143,27 per lembar saham. Sementara 1 persen dari laba bersih disimpan sebagai cadangan umum perusahaan, sesuai ketetentuan undang-undang tentang perbankan di Indonesia dan sisa laba ditahan oleh perseroan.

2. Laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan PT Bank Danamon Indonesia (Persero) Tbk tahun 2018.

3. Penunjukkan Akuntan Publik, Jusuf Wibisana dan Kantor AKuntan Publik Tanudiredja, Wibisana Rintis & Rekan sebagai pengaudit keuangan selama tahun 2019. []

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi global

Ekonomi Global Melambat, Pasar Keuangan Membaik

Bank Permata

Bank Permata Ditawar Mandiri, Kepala Riset: Terlalu Banyak Spekulasi