Respon Ekonomi Digital, Intip Belanja Modal Bank Untuk Kebutuhan IT & Digital

oleh

Peta persaingan bisnis di era ekonomi digital saat ini dirasakan semakin ketat. Untuk itu, dibutuhkan kesiapan dalam berinvestasi bagi seluruh pelaku usaha, terlebih pada sektor jasa keuangan khususnya perbankan.

Tahun ini, perbankan ramai-ramai melakukan pengembangan pada sektor IT. Hal tersebut tercermin dari Capital Expenditure (Capex) atau belanja modal yang terlihat jor-joran digelontorkan oleh masing-masing perbankan.

Sebut saja BTN yang memiliki anggaran belanja IT dan digital jauh lebih besar dibanding tahun lalu. Dimana dari belanja modal secara keseluruhan yaitu Rp500 Miliar, hampir separuhnya untuk belanja kebutuhan IT dan digital.

Direktur Utama BTN, Maryono menyebut untuk kebutuhan IT dan digital mencapai Rp200 Miliar s/d Rp250 Miliar. Angka tersebut, imbuhnya, dinilai masih belum terlalu besar namun dirasakan sudah mencukupi untuk kebutuhan digital saat ini.

“Belanja IT sudah kita siapkan sekitar Rp200-Rp250 Miliar. Belum besar, tapi ada peningkatan sekitar 20-30% dari tahun lalu,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Teknologi dan Digital Banking Mandiri, menyebut bahwa Bank Mandiri juga telah menyiapkan belanja modal untuk kebutuhan IT dan digital sebesar US$ 120 juta. Jika diasumsikan kurs rupiah terhadap dollar Amerika adalah Rp13.700 untuk US$1, maka nilai tersebut mencapai Rp1.64 Triliun.

“Belanja modal untuk IT dan Digital Bank Mandiri di tahun ini sebesar US$ 120 juta atau mencapai Rp1.64 Triliun,” ujar Rico.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dari total anggaran tersebut, sekitar US$ 15 juta hingga US$ 20 juta akan digunakan Bank Mandiri untuk IT Security serta kebutuhan digitalisasi perbankan.

“Kebutuhannya untuk keamanan IT, pengembangan serta recovery infrastruktur IT, selain kebutuhan digitalisasi perbankan lainnya. Dalam waktu dekat Bank Mandiri juga berencana akan membangun data center di Surabaya,” tutupnya. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *