in ,

Restrukturisasi Kredit Perbankan, ini Catatan OJK!

Restrukturisasi kredit perbankan

WARTABANK.COM, Jakarta – Restrukturisasi kredit perbankan di tahun 2020 tercatat sebesar Rp971 triliun. Program keringanan cicilan mulai diluncurkan pada 16 Maret 2020 sampai Desember akhir tahun 2020.

Menurut Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso kepada wartawan akhir pekan ini, restrukturisasi kredit perbankan tersebut diberikan untuk 7,6 juta debitur atau mencapai 18 persen dari total kredit perbankan.

“Jumlah ini berasal dari UMKM yang sebesar Rp386,6 triliun dengan sebanyak 5,8 juta jumlah debitur. Untuk yang non UMKM, sebesar Rp 584,4 triliun dengan jumlah debitur sebanyak 1,8 juta,” papar Wimboh.

Wimboh menambahkan bahwa selain kebijkan restrukturisasi kredit perbankan, OJK telah juga mengeluarkan stimulus kebijakan berupa penilaian kualitas kredit satu pilar, penundaan penerapan Basel III dan pelonggaran pemenuhan indikator likuiditas.

“Kebijakan stimulus lainnya yaitu berupa indikator permodalan. Seluruh kebijakan stimulus tersebut dirasakan mampu memberikan ruang bagi perbankan untuk menjaga profil risikonya,” ujar Wimboh.

Dengan berbagai kebijakan yang diluncurkan OJK, tercatat NPL gross perbankan secara rasio mampu terjaga pada level 3,06.

“Catatan tersebut mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya mencapai 2,53 persen. Secara netnya 0,98 persen dimana pada tahun lalu netnya 1,19 persen,” tambahnya.

Kebijakan restrukturisasi ini, imbuh Wimboh, juga berhasil mencatat CAR perbankan yang mampu terjaga pada level 23,98 persen. Sementara itu pada tahun lalu mencapai 23,31 persen.

Lebih lanjut Wimboh mengatakan jika kebijakan restrukturisasi kredit perbankan tentunya juga berdampak baik terhadap pulihnya pertumbuhan kredit perbankan. Selain itu LDR perbankan juga ikut turun secara signifikan yaitu sebesar 82,2 persen.

“Turunnya sangat tajam dari tahun sebelumnya yang sebesar 93,64 persen,” ujar Wimboh. []

Eko Prasetyo

Written by Eko Prasetyo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Proyeksi OJK

Proyeksi OJK, Tahun ini Kredit Perbankan Bisa Tumbuh

IPO Bank Sumut

IPO Bank Sumut Siap Lepas Saham 20 Persen