Sederet Bank Papan Atas Naikkan Bunga Deposito

oleh

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memutuskan untuk menaikan bunga penjaminan pada valuta asing (valas) dan simpanan dalam bentuk rupiah. Hal tersebut seperti yang diprediksi sebelumnya bahwa bunga penjaminan akan mengikuti kenaikan bunga acuan BI (Bank Indonesia).

Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah mengatakan bahwa bunga penjamin rupiah naik 25 bps (basis poin) menjadi 6 persen. Kemudian untuk bunga penjaminan valas mengalami kenaikan yang lebih tinggi yaitu 50 bps menjadi 1,25 persen.

“Karena bunga simpanan mengalami tren kenaikan maka bunga penjaminan juga ikut naik. Selain itu faktor lain dkarena risiko likuiditas relative terjaga,” ujarnya.

Adapun bank-bank papan atas telah mengatrol bunga deposito masing-masing. Berdasarkan PIPU BI (Pusat Informasi Pasar Uang Bank Indonesia) mencatat perbankan yang telah menaikan suku bunga deposito antara lain BTN, BCA, Bank Mandiri, Bank Permata dan Bank CIMB Niaga.

Bunga deposito secara rata-rata naik 10-30 bps. Hal ini terjadi karena tergantung dari jangka waktu penyimpanannya. Seperti Bank Mandiri yang menaikan sampai 200 bps untuk tenor 1 bulan. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *