Sektor Agribisnis Bank Mandiri Tersalurkan Rp78,6 Triliun

oleh
Sektor Agribisnis

Sektor Agribisnis pada tahun 2018 mendapatkan penyaluran dari Bank Mandiri dengan porsi sebesar Rp78,6 triliun. Menurut Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk Rohan Hafas, sektor Agribisnis mengalami kenaikan dalam penyaluran kredit yaitu sebesar 6,3 persen atau menjadi Rp78,6 triliun secara year on year.

Lebih lanjut Rohan mengatakan bahwa sektor agribisnis memiliki kontribusi sebesar 10,94 persen dari total keseluruhan kredit Bank Mandiri pada posisi akhir 2018, dimana total penyaluran kredit Bank Mandiri pada tahun 2018 mencapai Rp718,96 triliun.

Baca Juga: Kredit Agribisnis BRI Terus Didorong

“Kredit pada sektor agribisnis Bank Mandiri didominasi oleh perkebunan kelapa sawit. Dari sisi Non Performing Loan atau NPL, kredit ini mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya dimana saat ini NPL berada di bawah level 1 persen,” pungkas Rohan.

Untuk tahun 2019, Rohan mengatakan jika Bank Mandiri memproyeksikan pertumbuhan yang lebih baik pada sektor ini dengan senantiasa fokus terhadap penyaluran kredit yang berkualitas kepada pemain agribisnis yang memiliki keunggulan serta rekam jejak kredit yang baik.

Sebagai informasi tambahan bahwa kredit pada sektor agribisnis pada tahun 2018 lalu sangat menggeliat. Hal ini tercermin dari analisis uang beredar Bank Indonesia (BI) kredit investasi untuk perkebunan, pertanian, kehutanan serta perikanan yang tumbuh sebesar 9,2 persen secara year on year menjadi Rp220,3 triliun.

Baca Juga: LinkAja Jadi Pengganti E-Money, Brizzi dan TapCash

Sementara itu untuk kredit modal kerja yang disalurkan sepanjang tahun 2018 untuk pertanian, kehutanan, perikanan dan perternakan mengalami pertumbuhan yang cukup baik yaitu sebesar 15,8 persen (yoy) atau menjadi Rp151,1 triliun.

Apabila dijumlahkan kredit modal kerja dan investasi pada sektor agribisnis secara total berkontribusi sebesar 6,98 persen dari total penyaluran kredit perbankan sepanjang tahun 2018 yang mencapai Rp5.320,9 triliun. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *