Separuh dari Target KUR Tahun ini Telah Dikucurkan Perbankan

oleh

Jelang memasuki pertengahan tahun 2018, Bank-bank penyalur KUR (Kredit Usaha Rakyat) telah memenuhi separuh dari target penyaluran KUR. Sebut saja Bank Mandiri yang sampai dengan periode Mei 2018 telah mengucurkan KUR tidak kurang dari Rp7.14 Triliun kepada 113.141 debitur. Secara prosentase, penyaluran tersebut hampir memenuhi separuh dari target atau mencapai 49,04% dari target tahun ini yaitu Rp14.56 Triliun.

Adapun dari jumlah KUR yang berhasil dikucurkan, berhasil diserap kepada usaha produktif yang terdiri dari sektor pertanian Rp1.39 Triliun, sektor perikananRp19.19 Miliar dan industri pengolahan serta jasa produksi yang masing-masing sebesar Rp348,22 Miliar dan Rp1.11 Triliun.

Atas pencapaian tersebut, Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri, Rohan Hafas mengaku sangat optimis jika perseroan akan mampu memenuhi target KUR di tahun ini dan secara khusus mampu memenuhi penugasan pemerintah dalam penyaluran 50% KUR untuk sektor produktif.

Sama hal nya dengan BNI. Dimana perbakan tersebut sampai dengan Mei 2018 telah menyalurkan KUR sebesar Rp7.89 Triliun atau mencapai 58,42% dari target KUR tahun ini yang sebesar Rp13.5 Triliun.

Menurut Direktur Utama BNI, Achmad Baiquni, dalam pencapaian target KUR pada tahun ini, BNI melakukan sinergi BUMN dengan perusahaan pengelola kawasan hutan dan perkebunan yaitu Perum Perhutani dan PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN.

Selain itu, Bank Pembangunan Daerah (BPD) pun tidak mau kalah dalam keberhasilannnya menyalurkan KUR di paruh tahun 2018 ini. Sebut saja Bank Sumut yang telah mengucurkan KUR mencapai 55% dari target tahun ini.

Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto mengatakan bahwa Bank Sumut berhasil mencatat realisasi KUR sampai dengan Mei 2018 sebesar Rp275 Miliar.

“Per Mei sudah mencapai 55% dari target KUR tahun ini yaitu Rp500 Miliar,” ujarnya. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *