Sinergi Bank Mandiri dan Bea Cukai Hasilkan Penerimaan Negara Rp64 Triliun

oleh
Sinergi Bank Mandiri

WARTABANK.COM, Jakarta – Sinergi Bank Mandiri dan Bea Cukai berhasil menghasilkan penerimaan negara dari Januari hingga September 2019 ini mencapai Rp285 triliun.

Kurang lebihnya sekitar Rp64 triliun dari Rp285 triliun yang dicatatkan tersebut adalah hasil dari penerimaan bea dan cukai.

Hasil dari penerimaan bea dan cukai ini salah satunya adalah berkat kerjasama keudanya yang berinovasi untuk meluncurkan integrasi sistem pembayaran kepabeanan dan cukai melalui skema perbankan.

Diketahui keunggulan integrasi sistem pembayaran ini salah satunya adalah mempermudah mitra Bea Cukai yang sudah gunakan layanan Mandiri Cash Management.

Sebab dengan menggunakan layanan dari Bank Mandiri ini, mitra Bea Cukai dapat langsung mengecek status dan dapat langsung membayar billing kepabeanan dan cukai dengan cepat, yakni hanya dengan menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Dadang Ramadhan, selaku SVP Government and Institutional Bank Mandiri Persero mengatakan sinergi antara Bank Mandiri dan Bea Cukai telah terjalin.

Hal ini kata Dadang telah sejalan dengan inovasi yang dilakukan Bea Cukai selama ini dalam memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Dicontohkan Dadang, misalnya seperti menjadi mitra solusi layanan perbankan untuk bisa melakukan transaksi pembayaran penerimaan negara dalam rangka kepabeanan dan cukai secara elektronik.

Atas hal tersebut pihaknya akan mendukung Bea Cukai untuk bisa memberikan berbagai kebutuhan perbankan bagi Bea Cukai. Selain itu juga dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Indonesia pada umumnya.

Alhasil atas sinergi yang dilakukan dirincikan Dadang, tercatat dari Januari hingga September 2019, penerimaan negara melalui Bank Mandiri mencapaiRp 285 triliun. Sekitar Rp64 triliun di antaranya didapatkan dari penerimaan bea dan cukai.

“Jadi sebanyak 53 persen penerimaan bea cukai di Mandiri itu dilakukan melalui channel MCM. Kami berharap kerja sama yang terjalin ini bisa semakin meningkatkan pemanfaatan MCM,” ujarnya.

Sementara itu, Agus Sdarmadi selaku Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai menjelaskan tentang kerja sama yang telah terjalin bersama Bank Mandiri saat ini.

Menurutnya kerjasama bersama Bank Mandiri merupakan salah satu bentuk nyata kolaborasi pemanfaatan teknologi dan informasi di era digital dalam memudahkan mitra Bea Cukai untuk bertransaksi.

“Era digital ini semua telah serba cepat, kolaborasi menjadi salah satu kata kunci keberhasilan saat ini, konektivitas digital yang seamless dari end-to-end tanpa ada intervensi proses manual menjadi cita-cita semua pihak, baik sektor swasta maupun pemerintah,” katanya.

Dengan demikian, pendekatan yang dijalankan saat ini dapat lebih memastikan integrasi antarsektor agar bisa terjalin tanpa mematikan atau menghilangkan sistem yang telah ada di masing masing sektor. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *