Standard Chartered Catat Kenaikan Laba Bersih di Sementer I 2019

oleh
Standard Chartered

Standard Chartered Bank Indonesia yang sering disingkat dengan Standchart mencatatkan laba bersih Rp459 miliar sampai periode smeseter I 2019. Catatan laba tersebut menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan dibandingkan periode yang sama tahun 2018. Di tahun 2018 Standchart memperoleh laba Rp252 miliar.

Pernyataan di atas dijelaskan oleh Chief Executive Officer, Standard Chartered Bank Indonesia, Rino Sonosepoetro. Dalam pernyataannya juga disebutkan bahwa, kenaikan laba bersih didukung oleh pertumbuhan bisnis dengan berbagai strategi usaha dan efisiensi biaya.

Pertumbuhan Lini Bisnis Standard Chartered

Dalam pernyataan resmi di Jakarta, Rino menuturkan bahwa, Standard Chartered membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 8,2 persen dibandingkan tahun 2018. Hal tersebut terjadi karena upaya transformasi bisnis bank.

Efisiensi biaya yang mendukung pertumbuhan bank ditunjukkan dengan membaiknya risiko biaya. Risiko biaya turun dari 67,8 persen menjadi 54,5 persen. Ini menunjukkan refleksi bank dalam pengeluaran.

Tidak hanya efisiensi biaya, Standchart juga membukukan pertumbuhan di semester I dengan pertumbuhan kredit dan dana pihak ketiga yang ikut meningkat. Keduanya tumbuh masing-masing 6 persen yeay of year.

Pertumbuhan kredit berasal dari sektor manufaktur dan konstruksi. Keduanya merupakan industri penting penggerak perekonomian Indonesia.

Selain itu, pertumbuhan kredit membuktikan komitmen Standard Chartered untuk mendorong perdagangan di Indonesia. Bank menyediakan fasilitas perbankan untuk UMKM dan perusahaan Indonesia berbasis ekspor. Kredit terhadap dua usaha tersebut membukukan 25 persen dari portofolio bank.

Pada akhir pernyataan, Rino menegaskan bahwa, bank yang dikelolanya akan berusaha terus meningkatkan pertumbuhan. Peningkatan yang dihasilkan sambil mewaspadai dhubungan Amerika Serikat dengan mitra-mitra utamanya yeng berpengaruh pada perbankan dunia. Tidak lupa juga mencermati kebijakan moneter dan bank-bank sentra negara-negara dunia dan turun naiknya harga minyak.

Sebagai bank internasional yang berada di Indonesia, tentunya Standchart terus berusaha meningkatkan komitmen dengan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kemampuan jaringan global untuk mendatangkan Indonesia dan mendukung perusahaan ekspor Indonesia ke luar negeri.

Di bidang digital, Standard Chartered juga fokus pada inovasi digital. Baru-baru ini bank mengeluarkan dua strategi atau produk baru, yaitu SmartGoals dan Online Mutual Funds (OMF).

SmartGoals merupakan layanan rekomendasi investasi. Sementara OMF menyediakan layanan tranaksi reksadana secara online. Keduanya menjadi tambahan fitur pada aplikasi mobile bank, yaitu “SCMobile”. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *