in ,

Strategi Bank Besar Jadikan Platform Mobile Banking Sebagai Super App

Strategi bank besar

WARTABANK.COM, Jakarta – Strategi bank besar dalam membaca arah perkembangan bisnis digital di tanah air terus tumbuh dengan dinamis.

Bukan hanya bank besar saja, bank-bank kecil pun trus berbenah bertransformasi merelevankan seluruh kebutuhan bisnisnya dengan bertumpu pada teknologi digital.

Strategi bank besar di era digital saat ini lebih memilih mengembangkan platform mobile bankingnya dibandingkan mengubah total operasionalnya.

Sebut saja BCA dan CIMB Niaga yang mengembangkan platform mobile bankingnya menjadi super app dengan menambahkan fitur-fitur komersial yang menjadi kebutuhan banyak nasabah seperti pemesanan tiket pesawat dan hotel.

Menurut Head of Digital Banking, Branchless and Partnership CIMB Niaga Bambang Karsono Adi mengatakan adanya penambahan fitur-fitur tersebut pada Octo Mobile menjadikan platform mobile banking CIMB Niaga sebagai super app.

“Tentu bukan lagi fitur-fitur yang menyediakan kebutuhan perbankan saja, namun sebagai super app kami membaca potensi dalam menjembatani beragam aktivitas dan kebutuhan para nasabah kami,” terangnya.

Selain CIMB NIaga, BCA juga telah memulai penambahan fitur tersebut pada platfomnya BCA Mobile pada periode Desember lalu.

Menurut EVP Secretariat and Corporate Communciation BCA Hera F adanya penambahan fitur tersebut sangat memudahkan para nasabah BCA agar tak perlu lagi berganti aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya.

“Kami tawarkan fitur terbaru yaitu fitur Lifestyle yang menjembatani seluruh kebutuhan nasabah. Jadi nasabah BCA tidak perlu lagi berpindah aplikasi lain untuk melakukan pemesanan seperti hotel, tiket pesawat, dsb,” ujar Hera.

Super app ini juga semakin menekan potensi kejahatan karena transaksi yang dilakukan langsung melalui platform mobile banking, kemudian untuk pembayarannya dapa langsung memilih apakah melalui kartu debit ataupun kartu kredit.

Adapun strategi bank besar tersebut dalam melengkapi fitur platform mobile banking bekerjasama dengan online travel agent (OTA) yang sama yaitu tiket.com untuk fitur pembelian tiket pesawat. []

Gunadi Witjaksono

Written by Gunadi Witjaksono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aset perbankan

Aset Perbankan Masih Kinclong Meski Pandemi

Saham Bank BTN

Saham Bank BTN Masuk Rekomendasi, Yuk Beli!