Suku Bunga Naik Lagi, BCA: NPL Masih Aman

oleh

Tahun ini tren peningkatan suku bunga diprediksi masih akan terus berlanjut. Adapun hal ini didorong oleh naiknya suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Namun demikian BCA mengaku kenaikan tersebut tidak ada dampak langsung pada rasio kredit perbankan (NPL / Non Performing Loan)

Menurut Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja level NPL yang meningkat dipengaruhi oleh terpuruknya suatu industr, bukan karena suku bunga yang naik.

“Faktor utama dari tingginya level NPL adalah industri yang terpuruk,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mencontohkan di tahun 2015 dimana terjadi tren peningkatan suku bunga yang tinggi tetapi NPL masih terjaga dengan sangat baik. Namun di tahun yang sama pula, industry pertambangan mengalami keterpurukan dimana harga komoditasnya melemah.

Dengan melemahnya industri pertambangan tersebut maka berdampak besar terhadap turunya kualitas perusahaan-perusahaan yang bersinggungan dengan produk tambang.

Ia pun tidak ingin beranggapan bahwa NPL naik akibat suku bunga yang ikut naik. Menurutnya jika suku bunga industry naik 3-4% ia meyakini NPL masih berada pada posisi aman.

Seperti diketahui bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memaparkan bahwa pada akhir Mei 2018 NPL perbankan terjaga dengan baik pada level 2,6-2,7%. Apabila dibandingkan dengan akhir April 2018 jumlah tersebut mengalami perbaikan dari posisi 2,79%. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *