Ingin Punya Rumah DP 0 Rupiah? Simak Apa Saja Persyaratannya!

oleh

Seperti diketahui bahwa Gubernur Jakarta Anies Baswedan telah melakukan ground breaking pembangunan rumah dengan DP 0 Rupiah sesuai dengan janji politiknya ketika mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Mantan menteri pendidikan tersebut, meletakan batu pertama proyek bernama Klapa Village tersebut di wilayah Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Dengan adanya proyek tersebut menurutnya telah menjawab keraguan masyarakat atas upaya-nya bersama pemprov DKI Jakarta mewujudkan keberadilan di masyarakat di sektor papan (rumah tinggal).

Menurutnya rumah DP 0 Rupiah tersebut diterjemahkan dalam bentuk rumah susun milik (rusunami) dan keberadaannya, lanjutnya, akan memfasilitasi semua warga untuk memiliki rumah. Dengan adanya skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), diharapkan dapat terjangkau oleh seluruh warga yang memiliki penghasilan dibawah Rp7 juta.

Rumah DP 0 Rupiah tersebut nantinya akan dibangun sebanyak 2 tower. Dengan lama pembangunannya diprediksi akan memakan waktu 1,5 tahun. Lebih lanjut Pemprov DKI berharap pada April 2018, lembaga yang mengelola program ini sudah siap untuk melaksanakan pendaftaran bagi seluruh warga Jakarta yang berminat.

Pembangunan Tahap I sebanyak 703 Tower, terdiri dari:

1. Tipe 36

  • Jumlah 513 Unit
  • Harga Rp320 juta

2. Tipe 21

  • Jumlah 195 Unit
  • Harga Rp185 Juta

Persyaratan yang Harus Dipenuhi:

1. Warga DKI Jakarta (memiliki berkas administrasi sebagai warga DKI dengan KTP, Kartu Keluarga, dsb).

2. Membayar angsuran atau kredit yang pertama sebagai persyaratan rumah tinggal

3. Memiliki rekening di Bank DKI

4. Sebelum melakukan pembelian, calon pembeli wajib menabung sebesar Rp2,3 juta perbulannya selama kurun waktu 6 bulan di Bank DKI.

5. Melampirkan bukti telah menabung selama 6 Bulan sebagai bagian persyaratan administrasi.

6. Untuk kelompok berpenghasilan tetap wajib melampirkan bukti penghasilan, dan untuk kelompok berpenghasilan tidak tetap wajib melampirkan keterangan penghasilan yang ditandatangani oleh kelurahan.

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *