The Fed Pangkas Suku Bunga untuk Dorong Aliran Dana Segar

oleh
The Fed

The Fed positif pangkas suku bunga, guna mendorong aliran dana segar masuk. Indef (Institute for development of Economics and Finance) menilai jika suku bunga yang dipangkas oleh Federal Reserve ini akan mempengaruhi Indonesia juga negara berkembang lainnya.

Sejak pangkasan suku bunga oleh Bank Sentral AS tahun 2008 ini mencapai 25 basis poin. Hal ini merupakan tingkatan tertinggi pada pemangkasan suku bunga oleh The Fed. Implikasinya akan membuat nilai tukar rupiah menguat.

Hal ini selaras dengan yang dikemukakan Direktur Eksekutif Indef, Tauhid Ahmad. Namun, tetap dengan catatan kestabilan perkonomian Indonesia sendiri. Selain itu diprediksi akan adanya dana segar yang masuk guna mencari pasar baru. Boleh jadi, akan ada banyak uang masuk ke Indonesia dalam waktu singkat.

Upaya The Fed Harusnya Diikuti BI

Menurut Direktur Indef, dipangkasnya suku bunga AS ini seharusnya diiringi langkah cepat BI (Bank Indonesia) dalam menurunkan tingkat suku bunga acuan mereka. Namun, agaknya penurunan suku bunga acuan ini akan dilakukan satu bulan mendatang.

Tauhid mengemukakan pendapatnya, jika ia optimis BI akan mempertimbangkan hal ini. Dengan tingkat poin pangkasan suku bunga SBI antara 25 hingga 50 basis poin.

Sebelumnya, The Fed ditengarai mengulangi janjinya untuk pertahankan ekspansi, sehingga akan melakukan tindakan jika diperlukan. Hal ini ditangkap oleh pasar keuangan, jika implikasi ini merupakan pertanda akan terjadi pemotongan suku bunga di masa yang akan datang.

Pengaruh pengurangan suku bunga acuan ini agaknya banyak berdampak pada pinjaman sektor rumah tangga serta lahan bisnis. Kisaran poinnya ialah seperempat dengan presentasi 2,25 persen.

Selama resesi hebat Desember 2008, ini adalah pemangkasan suku bunga pertama. The Fed memotong suku bunganya ke basis terendah hampir menginjak nol. Serta mempertahankannya hingga tahun 2015 lalu. Agaknya ekonomi dirasa jauh lebih sehat dan fresh kini, meskipun masih ada risiko kemungkinan terjadinya ekspansi terpanjang. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *