in ,

Transaksi Digital BRI Meningkat Drastis

Transaksi digital

WARTABANK.COM, Jakarta – Transaksi digital nasabah di berbagai bank di Indonesia terus meningkat di masa pandemi covid-19.

Salah satunya di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang mencatatkan volume transaksi digital mencapai Rp142,9 triliun pada kuartal I 2021.

Volume transaksi digital melalui BRImo meningkat drastis hingga 515 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2020.

Peningkatan transaksi via digital ini pun terbilang sangat pesat dan diprediksi tren ini masih akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang.

EVP For Application Management & Operation BRI I, Nyoman Sugiriyasa mengatakan pada bulan Juli 2021 saja, nilai transaksi digital BRI mencapai Rp100 triliun.

“Masyarakat menjadi lebih optimal dalam memanfaatkan layanan online dan transaksi digital. Jadi pertumbuhan transaksi di BRImo sangat cepat karena lebih dari 500 persen,” ujar Nyoman Sugiriyasa dalam Webinar Membangun Ekosistem Sistem Pembayaran Digital Menyongsong BI FAST, Selasa (3/8/2021).

Menurutnya pada tahun 2019 hingga 2020, tren penggunaan transaksi layanan digital ini memang sudah mengalami peningkatan secara perlahan.

Maka pihak BRI terus mengembangkan layanan dan berinovasi ke arah digital karena platform-platform digital juga terus bermunculan.

Terlebih saat pandemi sistem pembayaran digital menjadi pilihan utama karena lebih cepat, murah, praktis dan aman digunakan masyarakat.

“Kami yakin tren penggunaan layanan online akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Maka layanan keuangan juga harus berubah menyesuaikan kebutuhan nasabah,” ungkapnya.

Ia menyebut, masyarakat secara perlahan mulai mengurangi transaksi uang tunai, sehingga BRI harus siap menyadiakan layanan transaksi digital yang berkualitas.

“Platform digital sekarang sedang berlomba lomba meningkatkan kualitas pelayanan dengan penggunaan super apps. Maka BRI juga harus terus melakukan berbagai inovasi untuk menjawab kebutuhan yang terus berkembang,” ungkapnya.

Transaksi Digital Meluas

Degan peningkatan transaksi digital yang semakin meluas, Bank Indonesia berencana meluncurkan BI Fast Payment atau BI FAST di akhir tahun ini.

Nyoman menjelaskan, BRI dan nasabah menunggu program BI Fast ini karena akan banyak merubah sistem dan tren pembayaran di masa mendatang.

Di antaranya perubahan dari sisi biaya, integrasi dengan sistem keamanan dan anti pencucian uang, hingga transaksi dan settlement bisa dilakukan real time.

“Kesiapan BRI untuk menerapkan program ini mungkin bisa terlaksana pada Desember mendatang. Sesuai dengan roadmap yang telah ditentukan regulator dan operator yakni BI,” tutupnya. []

Written by Chriestian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keuangan digital

Keuangan Digital Mulai Dominasi Bisnis Bank BUMN!

Kredit korporasi

Kredit Korporasi Masih Negatif, OJK: “Pemberat Kinerja Perbankan”