Transaksi Kartu Debit Diprediksi Naik Jelang Lebaran

oleh
Transaksi kartu debit

Transaksi kartu debit serta Anjungan Tunai Mandiri atau ATM diperkirakan akan meningkat tajam pada periode libur lebaran tahun 2019 ini. Seluruh bank telah mengantisipasi hal tersebut dengan cara mengoptimalkan seluruh layanan e-channel. Baik melalui mesin ATM atau pun menggunakan mesin EDC atau Electronic Data Capture.

Menurut Senior Vice President Comsumer Deposit Group PT Bank Mandiri, Muhammad Gumilang memperkirakan transaksi kartu debit selama periode Lebaran melalui ATM akan naik 16 persen dibandingkan hari biasa. Kenaikan tersebut yakni dari yang biasanya hanya Rp2,9 triliun per hari menjadi sekitar Rp3,4 triliun per hari.

Sedangkan untuk penggunaan EDC, Gumilang memperkirakan kenaikan yang tinggi. Yakni sebesar 26 persen dari Rp310 miliar per hari menjadi sekitar Rp400 miliar per hari pada periode libur Lebaran ini.

Peningkatan transaksi kartu debit ini didorong oleh THR yang diterima para pekerja serta berbagai promo di merchant Bank Mandiri yang berupa diskon atau pun fiestapoin selama bulan Ramadan.

Transaksi Kartu Debit Diantisipasi

Bank CIMB Niaga juga memperkirakan kenaikan transaksi kartu debit menjadi dua kali lipat yang biasanya terjadi pada mesin ATM. Lani Darmawan selaku Direktur Comsumer CIMB Niaga menuturkan, hal tersebut telah diantisipasi oleh pihak perusahaan.

Persiapan dilakukan mulai dari ATM, EDC, Call center hingga penukaran uang tunai sudah dilakukan jauh hari. Lagi pula, tren ini memang selalu terjadi di setiap libur Lebaran.

Sementara, Santoso Liem selaku Direktur Bank BCA mengatakan dengan singkat, kenaikan ATM akan meningkat. Kenaikan sekitar 5 hingga 10 persen di periode Lebaran ini.

Sedangkan untuk EDC transaksi dapat melonjak 15 hingga 20 persen dibandingkan hari biasa. Mayoritas akan menarik tunai 35 hingga 40 persen dalam transaksi kartu debit, dan sisanya untuk transfer maupun hanya cek saldo.

Merujuk data dari BI, total volume transaksi ATM atau debit pada periode Januari hingga April 2019 ini tercatat telah mencapai 2,24 miliar transaksi. Yang dinilai transaksinya tercatat sebanyak Rp2.431,61 triliun.

Jumlah tersebut meningkat 13,5 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2,01 miliar transaksi. Dengan nominal transaksinya tercatat sebanyak Rp2.146,16 triliun. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *