Transportasi Umum Solusi Jakarta

oleh
Transportasi Umum

Oleh: Alfian Setya Saputra

Menuju Jakarta Lancar, Jakarta Hebat. Berdasarkan data INRIX, sebuah lembaga penganalisis data kemacetan, Washington tahun 2016, Jakarta menduduki peringkat 12 dunia. Jakarta merupakan kota yang memiliki angka kemacetan tertinggi di Indonesia yaitu berada 100 besar di dunia. Solusi untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota yaitu dengan menggunakan transportasi umum yang sudah di sediakan.

Salah satunya adalah Bus Transjakarta. Transjakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan yang beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. TransJakarta dirancang sebagai moda transportasi massal pendukung aktivitas ibukota yang sangat padat. Dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (251.2 km), serta memiliki 260 halte yang tersebar dalam 13 koridor, Transjakarta yang awalnya beroperasi mulai Pkl. 05.00 – Pkl. 22.00 WIB, kini beroperasi 24 jam.

Sampai tahun 2013, Transjakarta memiliki 12 dari 15 koridor utama yang direncanakan dan saling terintegrasi tiap koridornya dan tersebar di seluruh wilayah Jakarta

Manajer Humas Perum PPD, Desi Puspitasari menjelaskan ”Efisiensi dari transportasi umum jelas bisa mengurangi kemacetan karena pengurangan kendaraan pribadi sangat berpengaruh untuk menanggulangi kemacetan di Ibu Kota kita ini khususnya. Akan tetapi ini tergantung dari komitmen pengendara pribadi, apakah akan terus berkomitmen untuk mnggunakan transportasi umum atau tidak.”

Pernyataan tersebut membuktikan sebenarnya pemerintah sudah melakukan kampanye dengan jargon perhubungan dengan #AyoNaikBus agar para pengguna kendaraan pribadi bisa antusias untuk mencoba angkutan umum yang sudah di siapkan dengan fasilitas memadai yang sudah sesuai dengan standar nasional.

Pakar pemukiman dan transportasi, Jehansyah menjelaskan “ pemerintah harus melakukan tiga macam langkah strategis. Pertama, tentu saja, reformasi moda perhubungan” Semua moda transportasi harus dikembangkan secara sistematis, menyebar dan berjejaring sampai ke tingkat pemukiman, kata Jehan. “Transportasi harus bersifat mass rapid, tak mungkin seperti angkot.”

Ibnu sebagai pengguna setia mengatakan “Transjakarta itu murah jauh dekat hanya Rp3.500 terus haltenya terdapat ditempat – tempat arteri tepat waktu macet karena ada mobil yg masuk ke jalur Bus Transjakarta untuk fasilitas udah bagus tidak kepanasan”.

Yuk! Mulai memprioritaskan transportasi umum untuk Jakarta lancar. #AyoNaikBus

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *