UMKM Go Global Terus Didorong oleh BRIncubator

oleh
UMKM go global

UMKM go global atau usaha mikro kecil dan menengah yang mendunia merupakan harapan, bukan hanya bagi pengusaha tetapi juga pemerintah. Oleh karena itu, sebagai bank pemerintah, di akhir September 2018, BRI meluncurkan program BRIncubator. Program yang akan mendorong UMKM seluruh Indonesia untuk lebih berkembang dan berani mengeskpor produknya.

Sebagai bagian dari program BRIncubator, gagasan UMKM go global disampaikan oleh Kepala Desk Inkubator Bisnis Mikro dan Ritel BRI, Djoko Purwanto. Djoko Purwanto menjelaskan dalam acara Media Gathering Sahabat BRI di Hotel Le Eminence Bogor, beberapa waktu lalu. Gagasan yang secara menyeluruh disebut go global, go modern, go digital, dan go online.

UMKM go global atau go modern dan sebagainya yang telah disebutkan di atas, tentu mempunyai tujuan tertentu. Tujuannya, antara lain:

UMKM Naik Kelas
UMKM diharapkan dapat berkiprah lebih di pasar nasional dan internasional karena sesungguhnya produk UMKM Indonesia sangat bagus. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagaian besar UMKM masih enggan menggunakan teknolgi digital.

UMKM Dapat Berinovasi
Jika ingin berkiprah di pasar nasional sampai internasional, UMKM harus selalu berinovasi. Contoh inovasi adalah membuat kemasan agar lebih menarik dan modern. Hal tersebut dapat dipelajari dari internet dan dunia digital. Konsumen tentu pertama kali melihat indahnya kemasan dan bentuk produk. Kepuasan dengan kualitas akan didapat jika mereka akhirmya membali dan memakai produk.

UMKM Memenuhi Kebutuhan Pasar
Hal ketiga yang tidak kalah penting dari UMKM go global adalah memenuhi kebutuhan pasar. Produk tidak akan laris dan dikenal jika tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

Bagaimana agar UMKM go global dapat terlaksana? Lebih lanjut dalam acara di Bogor Djoko Purwanto menyebutkan tiga cara.

Cara pertama adalah memasarkan produk melalui platform digital, seperti membuat aplikasi atau website sendiri. Barulah jika platform sudah terbentuk dapat dihubungkan dengan media sosial untuk meraih pasar lebih luas.

Cara kedua adalah berkolaborasi dengan berbagai e-commerce. Pelayanan e-commerce dapat dijadikan alat untuk memperkenalkan diri dan branding produk. Melalui cara pembayaran e-commerce yang memberikan keamanan membuat banyak konsumen mempercayai UMKM pemula.

Cara terakhir adalah ekspansi bisnis. Ini dapat dilakukan oleh berbagai UMKM go global yang telah berhasil dengan cara pertama dan kedua. Ekspansi berarti membuat produk yang berkaitan dengan produk yang sudah ada atau memperluas pemasaran.

Sebagai bank yang paling dekat dengan masyarakat di seluruh Indonesia, kemajuan program BRIncubator akan mempengaruhi kinerja dan laba bank. Semua bermuara pada peningkatan ekonomi makro Indonesia. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *