in ,

Upaya Bank Syariah Indonesia Tambah Modal Untuk Menunjang Bisnis

Upaya Bank Syariah

WARTABANK.COM, Jakarta – Upaya Bank Syariah Indonesia dalam rangka menambah akses permodalan untuk menunjang kegiatan bisnis terus dilakukan.

Menurut Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk membuka pintu kepada calon investor asing yang ingin berinvestasi pada Bank Syariah Indonesia Tbk melalui Sovereign Wealth Fund (SWF).

Pria yang akrab disapa Tiko tersebut menegaskan jika Bank Syariah Indonesia masih memerlukan modal yang sangat besar untuk mendorong bisnis di jangka menengah.

Upaya Bank Syariah Indonesia dalam menambah permodalan dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui mekanisme rights issue atau dengan hak memesan efek terlebih dulu.

“Kami akan lakukan rights issues, kita akan tawarkan (serve the table), dan kalau ada yang match of interest, ya kita open mana investor yang mau masuk ke BRIS ini,” kata Tiko dalam Mandiri Investment Forum, Rabu (3/2).

Sebelumnya, BRIS ini merupakan hasil merger dari tiga bank syariah pelat merah PT BRI Syariah Tbk (BRIS), PT Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS) dan PT Bank Mandiri Syariah (BMS). Bank merger ini merupakan bank syariah terbesar di tanah air dengan total aset sekitar Rp 239,56 triliun.

Pemerintah berharap, ini bisa menjadi barometer perbankan syariah dan bisa memberikan kontribusi besar dalam pengembangan ekonomi syariah.

Saat meresmikan pembentukan BRIS pada Senin (1/2), Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga ingin mendorong pengembangan model usaha perbankan syariah. Sehingga, Bank Syariah Indonesia tidak mengikuti tren keuangan syariah yang telah ada saat ini.

Apalagi, Indonesia memiliki potensi dengan jumlah penduduk muslim terbakan di dunia. Saat ini, Indonesia menempati peringkat keempat berdasarkan the state of Global Islamic Economy Indicator report.

Bahkan, orang nomor satu di Indonesia ini menyebut, kinerja bank syariah melampaui bank konvensional. Hal ini yang membuat Jokowi optimistis ekonomi syariah di Indonesia akan terus tumbuh. []

Written by Atik Masloman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia Resmi Jadi Nama Baru BRIS

e-Samsat

bjb e-Samsat, Solusi Praktis Bayar Pajak Kendaraan Bermotor