in , , , , ,

Wajib Pajak Jadi Peran Penting Pembangunan

Wajib Pajak

Wajib Pajak (WP) sangat vital sumbangsihnya bagi pembangunan Indonesia. Kementerian Keuangan memberi penghargaan kepada 30 Wajib Pajak  yang terdiri dari badan usaha dan pribadi sebagai kontributor pajak terbesar negara. Dari WP tersebut terhitung mencapai 418,73 triliun atau sekira 31,8% dari total penerimaan pajak 2018.

Kenaikan penerimaan APBN 2018 melampaui target sekitar 102,5%. Namun penerimaannya masih terjadi kekurangan Rp. 108,1 triliun dari target awal yang ditetapkan. Sayangnya hal itu masih belum mampu mendongkrak rasio pajak dengan Produk Domestik Bruto (PDB) secara signifikan.

Baca Juga: Kenaikan gaji PNS, Angin Segar Di tengah ketidakpastian

Pada 2018 rasio perpajakan beranjak naik ke posisi 11,5% dibanding tahun sebelumnya yaitu 10,7%. Ini berarti target rasio pajak 12,2% tahun ini sangat memerlukan dukungan dari WP menengah dan kecil.

Pada UMKM, pemerintah memangkas pajak penghasilan (PPh) menjadi 5% saja. Pada PPh Pribadi pemerintah menaikkan batas Pendapatan Tidak Kena Pajak menjadi Rp. 4,5juta perbulan sehingga beberapa individu yang sebelumnya terkena PPh tak lagi menjadi WP.

KEPATUHAN WAJIB PAJAK

Pemangkasan tarif diharapkan diikuti dengan kenaikan kepatuhan pajak, dengan beban yang rendah WP akan terdorong membayar pajaknya. Sementara WP lama akan merasa ringan menunaikan kewajiban fiskalnya.

Sekitar 85juta WP belum terdaftar dalam sistem administrasi perpajakan, belum bila dikurangi dengan yang termasuk PTKP dinilai masih signifikan. Potensi yang belum tergarap lebih besar jika mempertimbangkan keakuratan laporan. Dari pemilik NPWP, hanya beberapa yang melaporkan SPT, dan hanya sedikit yang membayar dengan benar.

Berita Bank

Written by Berita Bank

Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

kenaikan gaji PNS

Kenaikan Gaji PNS, Angin Segar di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

suku bunga acuan

Suku Bunga Acuan Tetap 6 persen, Berikut Kata Ekonom