Wisata Halal Digemari, Pemerintah Gencar Promosi

oleh
Wisata halal

Wisata halal kini sudah semakin dikenal oleh wisatawan dari domestik hingga mancanegara. Karenanya, Asosiasi Travel Wisata Halal Indonesia (Athin) mengharap supaya pemerintah semakin gencar mempromosikan destinasi wisata berbasis halal tersebut.

Menurut Jenderal Athin, Cheriatna, promosi tentang wisata halal ini masih sangat minim bahkan dianggap sangat kurang di Indonesia. Padahal, akhir-akhir ini kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat muslim untuk berwisata dengan nyaman terus mengalami peningkatan.

Baca Juga: Wajib Pajak Jadi Peran Penting Pembangunan

Ia menambahkan bahwa sebenarnya para artis, ulama, dan pejabat sudah mulai mengenalkan tentang wisata halal ini. Namun, tetap saja dari pihak pemerintah masih kurang optimal dalam mempromosikannya sehingga umat muslim banyak yang belum tahu.

Hal ini disebabkan karena koordinasi lintas instansi di pemerintahan terutama dalam bidang pariwisata, masih kurang. Karena itu pula, kini Indonesia masih kalah saing dengan negara-negara di Asean. Banyak di antara negara Asean yang sudah mengembangkan destinasi wisata ini.

WISATA HALAL DONGKRAK DEVISA

Upaya di antara banyak negara ini terlihat dari sektor pariwisata yang mampu meningkatkan devisa negara. Utamanya, ada pada wisata berbasis halal yang berhasil dikembangkan. Sedang Indonesia sendiri, wisata halal yang baru dikenal hanyalah Bali dan Lombok.

Lebih dari kedua tempat itu, belum banyak masyarakat yang mengenalnya. Padahal, di daerah lain tentu banyak sekali tempat wisata yang bisa dimanfaatkan untuk wisata berbasis halal ini. Termasuk di dalamnya destinasi yang secara langsung dicanangkan oleh Bapak Presiden, yaitu 10 Bali Baru.

Baca Juga : PPD Kembali Jadi Leader Ibukota

Cheriatna menambahkan, bahwa orang sekarang cenderung memilih yang halal untuk berbagai keperluan. Termasuk tempat tinggal saat wisata, juga makanannya harus menjamin kehalalan. Jika tidak, banyak orang yang tidak akan merasa nyaman. Inilah yang harus ditingkatkan agar Indonesia bisa menyamai kesuksesan negara-negara Asean dalam hal tersebut.

Ada faktor lain yang menghambat selain kurangnya promosi wisata halal ini. Para pengusaha bidang travel juga dihadapkan dengan masalah mahalnya harga tiket pesawat. Masih banyak masyarakat yang mengeluhkan hal itu. Akibatnya, mereka memilih membatalkan acara berwisata karena harga tiket yang mahal. []

Tentang Penulis: Berita Bank

Gambar Gravatar
Berita harian bank terbaru, berita bank indonesia, berita terkini, berita perbankan, bank bjb, bank indonesia, berita bank mandiri, berita bank bri, berita bank syariah, berita bank terkini, berita bank bca, berita bank bjb hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *